IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN SUFISTIK DALAM MEMBENTUK KARAKTER RABBANI SISWA DI MI MUHAMMADIYAH AL-HAQ PALU
(1) 
(2) Universitas Islam Negeri Datokarama Palu
(3) Universitas Islam Negeri Datokarama Palu
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengeksplorasi implementasi dan efektivitas model pembelajaran sufistik dalam membentuk karakter rabbani siswa di MI Muhammadiyah Al-Haq Palu, mengisi kekosongan literatur tentang penerapan pendidikan sufistik di tingkat madrasah ibtidaiyah yang selama ini dianggap prematur oleh perspektif teoretis. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus, penelitian ini mengumpulkan data melalui observasi partisipatif, wawancara mendalam, dan dokumentasi yang dianalisis dengan model analisis interaktif Miles-Huberman-Saldaña. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran sufistik yang mengintegrasikan metode muraqabah, muhasabah, dan riyadhah berhasil diimplementasikan secara sistematis melalui pendekatan holistik dalam domain intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler. Efektivitas model terbukti signifikan dengan peningkatan kehadiran shalat berjamaah dari 45 persen menjadi 85 persen, penurunan kasus ketidakjujuran hingga 75 persen, peningkatan prestasi akademik 15 persen, dan transformasi karakter spiritual-moral yang terukur. Temuan ini membantah skeptisisme teoretis tentang ketidaksesuaian pembelajaran sufistik untuk anak usia MI, membuktikan bahwa adaptasi metodologis yang developmentally appropriate mampu menciptakan pengalaman spiritual autentik dan bermakna. Penelitian ini menghasilkan paradigma baru bahwa pembelajaran sufistik bukan prematur bagi siswa MI, melainkan fondasi krusial pembentukan karakter rabbani yang seimbang antara dimensi intelektual, emosional, dan spiritual. Kontribusi penelitian terhadap SDGs mencakup penyediaan model pendidikan berkualitas, penguatan kesejahteraan mental, pengurangan kesenjangan pendidikan, dan pembangunan generasi yang matang secara holistik untuk masyarakat yang damai dan sejahtera.
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Aminah, I. A. N., & Syaâ, M. A. Y. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Islam Al-Ilmi, 6(2), 293-303.
Basyar, A. B. B. (2016). Pemikiran Syekh Ibnu Athaillah as-Sakandari tentang pendidikan sufistik dan relevansinya dengan pendidikan karakter di Indonesia: Telaah Kitab al-Ḥikam al-Aṭāiyah (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).
Creswell, J. W. (2021). Educational Research: Planning, Conducting, And Evaluating Quantitative And Qualitative Research. Pearson Education.
Firmansyah, E. (2023). Various Paradigms in Islamic Educational Thought: Fundamentalism, Modernism, and Liberalism. International Journal of Health, Economics, and Social Sciences (IJHESS), 5(2), 139-145.
Firmansyah, E., Khozin, K., & Masdul, M. R. (2022). Implementasi Piaud Terhadap Anak–Anak Suku Kaili Pedalaman Di Desa Kalora Kabupaten Sigi. Research and Development Journal of Education, 8(1), 386-390.
Firmansyah, E., Tobroni, T., & Romelah, R. (2023a). Anthropology of Islamic Education as A Socio-Cultural-Religious Modernization Strategy in Alam Al-Kudus Islamic Boarding School. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 12(03).
Firmansyah, E., Anwar, S., & Khozin, K. (2023b). Anthropological Approach to Islamic Education: Establishing Noble Spirituality in Overcoming Social Conflict. Al-Hayat: Journal of Islamic Education, 7(1), 163-172.
Firmansyah, E., Tobroni, T., & Rusady, A. T. (2023c). Internalisasi Ajaran Islam Dalam Aktivitas Budaya Etnik Kaili Prespektif Antropologi Pendidikan Islam. Research and Development Journal of Education, 9(1), 285-299.
Haikal, F. P. (2023). Implementasi nilai sufistik melalui metode dzikir terhadap pengembangan karakter anak: Studi di pesantren anak SDIT Idrisiyyah Pakuhaji (Doctoral dissertation, UIN Sunan Gunung Djati Bandung).
Halim, J. A. (2021). Pendidikan Spiritual Anak Usia Dini Dalam Perspektif Al-Qur’an (Doctoral dissertation, Institut PTIQ Jakarta).
Haris, A., & Nasri, U. (2024). The Integration of Islamic Educational Values in Ibn Arabi's Sufi Theory for Shaping Islamic Character. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(3), 2332-2341.
Irawan, E. F., & Rohman, F. (2025). Rekonstruksi Konsep Pendidikan Agama Islam Berbasis Etika Spiritual: Studi Kritis atas Pemikiran Pendidikan al-Ghazali. IQRO: Journal of Islamic Education, 8(1), 164-184.
Kasiyanto, E. (2011). Strategi pembelajaran Ilmu Tasawuf untuk membentuk akhlakul karimah di pondok pesantren Miftahul Huda Gading Kasri Malang (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. Sage Publications.
Muvid, M. B. (2019). Pendidikan Tasawuf: Sebuah Kerangka Proses Pembelajaran Sufistik Ideal Di Era Milenial. Pustaka Idea.
Nasrudin, M. (2023). Pendidikan Sufistik sebagai Penguatan Moderasi Beragama di Perguruan Tinggi. Penerbit NEM.
Qolbiyah, A. (2022). Implementasi kurikulum merdeka dalam pembelajaran pendidikan agama islam. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia, 1(1), 44-48.
Susanti, A. P., & Hidayah, U. (2024). Pembangunan Nilai Karakter Berbasis Rabbani pada Sistem Pendidikan di SMP IT Permata Kota Probolinggo. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Ilmiah, 9(2), 229-242.
Tanjung, D. A. S. (2025). Implementasi pendidikan rabbaniyah dalam membentuk karakter peserta didik di SMP Negeri 1 Padangsidimpuan (Doctoral dissertation, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan).
Tasrikin, A., & Walad, S. Z. (2025). Hermeneutika Al-Qur’an dan literasi digital: revitalisasi metodologi tafsir untuk pendidikan berkelanjutan. VIVENDUM: Vision of Islamic Values Dynamics Journal, 1(1), 1-19.
Tobroni, T., & Firmansyah, E. (2023). Spirituality as a paradigm of peace education. Multicultural Islamic Education Review, 1(2), 26–35.
Yaqin, H. (2023). Nuansa Sufistik Dalam Kurikulum Perguruan Tinggi. Cv. Azka Pustaka.
Yin, R. K. (2018). Case Study Research And Applications: Design And Methods. SAGE Publications.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v11i2.24604
Refbacks
- There are currently no refbacks.
RESEARCH AND DEVELOPMENT JOURNAL OF EDUCATION


















