PENDEKATAN DEEP LEARNING DALAM PEMBELAJARAN EKONOMI TERHADAP PENGUATAN KARAKTER SISWA SMA

Meyko Panigoro(1), Abdulrahim Maruwae(2*), Rierind Koniyo(3), Devita Giasi(4), Sri Debi Yanti Lipuo(5), Fadhilah Lamusu(6), Pendi Ajis(7)

(1) 
(2) Universitas Negeri Gorontalo
(3) Universitas Negeri Gorontalo
(4) Universitas Negeri Gorontalo
(5) Universitas Negeri Gorontalo
(6) Universitas Negeri Gorontalo
(7) Universitas Negeri Gorontalo
(*) Corresponding Author

Abstract


Di era digital, teknologi kecerdasan buatan semakin berkembang pesat dan telah merambah berbagai aspek kehidupan termasuk pendidikan. Namun, penerapan teknologi ini masih jarang dikaji dalam konteks penguatan karakter siswa, terutama di tingkat sekolah menengah atas yang menerapkan pembelajaran deep learning. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana penerapan deep learning berdampak pada penguatan karakter siswa di SMAN 1 Tilango Gorontalo. Studi ini menggunakan metode kuantitatif dan melibatkan 60 siswa dari kelas XI dalam satu kelompok pretest-posttest. Knowledge of Morality, Moral Feelings, and Moral Action adalah tiga indikator yang digunakan untuk mengumpulkan data. Pengaruh pembelajaran mendalam terhadap karakter siswa ditentukan melalui analisis data menggunakan analisis regresi linier sederhana dan uji sampel t-paired. Hasil uji sampel t-paired menunjukkan nilai signifikansi yang menunjukkan perbedaan signifikan antara pretest dan posttest. Penelitian ini menunjukkan bahwa pendekatan pembelajaran mendalam berpengaruh besar terhadap penguatan karakter siswa di sekolah menengah atas. Model pembelajaran berbasis deep learning dapat menjadi alternatif strategi pembelajaran yang tidak hanya meningkatkan aspek kognitif, tetapi juga membentuk karakter positif siswa.


Keywords


Deep Learning; Penguatan Karakter; Siswa

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Akhyar, D. A. (2024). Membentuk Karakter Peserta Didik dengan Pendekatan Deep Learning. GHIROH: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam, 3(2), 173–179.

Akmal, M., Rifqi, J., An, A. N., & Dahliana, Y. (2024). AL-AFKAR : Journal for Islamic Studies Eksplorasi Tafsir Misbah terhadap Peran Pendidikan dalam Pembentukan Karakter. Journal for Islamic Studies Journal, 7(3), 1034–1045. https://doi.org/10.31943/afkarjournal.v7i3.1385.Exploration

Amelia, M., & Ramadan, Z. H. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Budaya Sekolah di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5548–5555. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1701

Anderson, T., & Shattuck, J. (2012). Design-based research: A decade of progress in education research? Educational Researcher, 41(1), 16–25. https://doi.org/10.3102/0013189X11428813

Berkowitz, M. W., & Bier, M. C. (2005). What works in character education: A research-driven guide for educators. Character Education Partnership.

Fahmi, R., Saepudin, A., Sardin, S., & Nofriansyah, N. (2025). Public Figure Sebagai Penggerak: Meningkatkan Partisipasi Dalam Pelatihan Deep Learning Untuk Pendidikan Anak Usia Dini Dan Kesetaraan. Research and Development Journal of Education, 11(2), 855-862.

Goodfellow, I., Bengio, Y., & Courville, A. (2016). Deep Learning. MIT Press.

Gunawan, I. (2024). Pendidikan Karakter, Tantangan dan Solusi di Era Globalisasi. Jurnal: Pendidikan Dan Pembelajaran, 159–172. https://modernis.co/pendidikan-karakter-tantangan-dan-solusi-di-era-globalisasi/27/03/2020/

Hamdani, A., & Priatna, A. (2020). Efektifitas implementasi pembelajaran daring (full online) dimasa pandemi Covid-19 pada jenjang sekolah dasar di Kabupaten Subang. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 6(1), 1–9.

Khasanah, U., Alanur, S. N., Trisnawati, S. N. I., Sulistyowati, R., Isma, A., Agustina, E., ... & Hamsar, I. (2025). Deep Learning Dalam Pendidikan: Pendekatan Pembelajaran Bermakna, Sadar, dan Menyenangkan. Penerbit Tahta Media.

Lickona, T. (2015). Educating for character: How our schools can teach respect and responsibility. Bumi Aksara.

Mulyasa, E. (2021). Manajemen pendidikan karakter. Bumi Aksara.

Narvaez, D., & Lapsley, D. K. (2008). Teaching moral character: Two alternatives for teacher education. The Teacher Educator, 43(2), 156–172.

Nurgiyantoro, M. (2016). Integrasi teknologi dalam pendidikan karakter. Jurnal Pendidikan.

Pakana, A., Hasiru, R., Maruwae, A., Hafid, R., Sudirman, Polamolo, C., & Damiti, F. (2024). Pengaruh pendidikan karakter terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. JEBE: Journal of Economic and Business Education, 2(2), 169–180. https://doi.org/10.37479/jebe.v2i2.25669

Quinn, J., McEachen, J., Fullan, M., Gardner, M., & Drummy, M. (2020). Dive into deep learning: Tools for engagement. Corwin Press.

Sagala, K., Naibaho, L., & Rantung, D. A. (2024). Tantangan Pendidikan karakter di era digital. Jurnal Kridatama Sains Dan Teknologi, 6(01), 1–8. https://doi.org/10.53863/kst.v6i01.1006

Saputra, A. D., & Tunnafia, A. (2024). Penguatan pendidikan karakter pada anak sekolah dasar. PHENOMENON: Multidisciplinary Journal of Sciences and Research, 2(2), 69–92. https://doi.org/10.62668/phenomenon.v2i02.1222

Shadish, W. R., Cook, T. D., & Campbell, D. T. (2002). Experimental and quasi-experimental designs for generalized causal inference. Houghton Mifflin.

Sofyan, H., Anggereini, E., & Saadiah, J. (2018). Pengembangan model pendidikan karakter berbasis kearifan lokal pada mata pelajaran agama Islam. At-Ta'dib, 13(1), 45–56.

Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Triyanto, T. (2020). Peluang dan tantangan pendidikan karakter di era digital. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 17(2), 175–184. https://doi.org/10.21831/jc.v17i2.35476

Vygotsky, L. S. (1978). Mind in society: The development of higher psychological processes. Harvard University Press.

Wang, S., & Zhang, D. (2018). Student-centred teaching, deep learning and self-reported ability improvement in higher education: Evidence from Mainland China. Innovations in Education and Teaching International, 56(9), 581–593. https://doi.org/10.1080/14703297.2018.1490662

Waruwu, D. E. R., & Setiawati, E. (2025). Integrasi kurikulum deep learning dalam pendidikan: Strategi dan tantangan. Jurnal Sosialita: Jurnal Kependidikan dan Ilmu Sosial, 20(1), 69–80. https://doi.org/10.31316/js.v20i1.7663

Zebua, N. (2025). Education transformation: Implementation of deep learning in 21st-century learning. Harmoni Pendidikan: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(2), 146–152. https://doi.org/10.62383/hardik.v2i2.1405

Zimmerman, B. J., & Schunk, D. H. (2011). Handbook of self-regulation of learning and performance. Routledge.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v11i2.20600

Refbacks

  • There are currently no refbacks.