PENGARUH PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBANTUAN NISAB ARBA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS

Ghiffaari Mahardhika(1*), Darhim Darhim(2)

(1) Universitas Pendidikan Indonesia
(2) Universitas Pendidikan Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian mengkaji pengaruh pembelajaran kontekstual pada materi pecahan berbatuan Nisab arba dalam mengupayakan tercapainya kemampuan pemecahan masalah matematis yang melibatkan kasus pembagian waris. Kontekstualisasi antara kasus pembagian waris dan matematika memiliki potensi besar untuk memperkaya pembelajaran matematika, terutama dalam meningkatkan minat siswa melalui penerapan kontekstual. Dalam kasus pembagian waris, banyak perhitungan yang melibatkan pecahan, operasi aljabar dan perhitungan yang kompleks sehingga menjadi wahana yang sangat relevan untuk mengajarkan konsep-konsep matematika secara lebih bermakna khususnya dalam hal pemecahan masalah matematis. Metode kuantitaf (eksperimen semu) dipilih pada penelitian ini dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Teknik dalam mengumpulkan data melalui instrumen soal kemampuan pemecahan masalah dan wawancara non-struktur. Sampel penelitian merupakan 32 siswa yang diambil dari dua kelas yaitu kelas VII-A (kelas kontrol) dan VII-C (kelas eksperimen) Madrasah Tsanawiyah Persis Lembang. Pada penelitian ini terjadi peningkatan pada kelas eksperimen juga ketercapaian pembelajaran yang signifikan. Hal ini ditunjukan baik secara statistik deskriptif juga melalui hasil uji Mann Whitney pada data posttest dengan nilai sig. = 0,007 < 0,05.


Keywords



Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Adhyan, A. R., Sutirna, & Sopiany, H. N. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran CTL terhadap Kemampuan Pemecahan Matematis Siswa Kelas VII SMP. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 5(6), 17491760. https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i6.1749-1760

Anggraena, Y., Ginanto, D., Felicia, N., Andriati, A., Herutami, I., Alhapip, L., Iswoyo, S., Hartini, Y., & Mahardhika, R. L. (2022). Panduan Pembelajaran dan Asesmen. Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Risat, dan Teknologi Republik Indonesia.

Anggraini, D. (2017). Penerapan Pembelajaran Kontekstual Pada Pendidikan Anak Usia Dini. Yaa Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 3946. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/YaaBunayya/article/view/1722

Damopolii, I., Nunaki, J. H., & Supriyadi, G. (2018). Effect of Problem Solving Learning Model on Students Achievement. Journal of Education Research and Evaluation, 2(1), 19. https://doi.org/10.23887/jere.v2i1.12558

Hake, R, R. (1999). Analyzing Change/ Gain Scores. AREA-d American Education Research Associations Devision, Measurement and Research Methodology.

Hendriana, H., & Sumarmo, U. (2014). Penilaian Pembelajaran Matematika. Refika Aditama.

Jhonson, B. E. (2014). Contextual Teaching & Learning: Menjadikan Kegiatan Belajar-Mengajar Mengasyikan dan Bermakna. Kaifa.

Khusna, H., & Ulfah, S. (2021). Kemampuan Pemodelan Matematis dalam Menyelesaikan Soal Matematika Kontekstual Mosharafa : Jurnal Pendidikan Matematika Mosharafa : Jurnal Pendidikan Matematika. 10, 153164.

NCTM. (2000). Principles and Standars for School Mathematics. VA: NCTM.

Putri, P. O., Febriana, R., & Malini, H. (2024). Implementasi Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Berbantuan Media Mind Mapping Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika. Wacana Akademika, 8(2), 142150.

Ramdoni, Mista, W., & Anisah, H. (2023). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CTL TERHADAP KELAS VIII SMP Ramadoni , Widia Mista , Himatul Anisah Universitas PGRI Sumatera Barat , Indonesia Abstrak Pengaruh Model Pembelajaran Ctl Terhadap Kemampuan Matriks : Jurnal Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas. 5(1), 135146.

Remesh, A. (2013). Microteaching , an efficient technique for learning effective teaching. February.

Rinaldi, E., & Afriansyah, E. A. (2019). Perbandingan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa antara Problem Centered Learning dan Problem Based Learning. 3(1), 918.

Sugiati, S. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Melalui Metode Pembelajaran Air Berbantuan Edpuzzle SMP Negeri 3 Banguntapan. Science: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika Dan IPA, 3(2), 111120.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Alfabeta.

Sumartini, T. S. (2016). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Langkah Polya. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP Garut, 5(2), 17.

Sundayana, R. (2016). Statistika penelitian pendidikan (Alfabeta (ed.)). https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=990230

Tianingrum, R., & Sopiany, H. (2017). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa SMP pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. SESIOMADIKA. http://pmat-unsika.eu5.org/Prosiding/64RisnaTianingrum-SESIOMADIKA-2017.pdf

Widoyoko, E. P. (2017). Teknik penyusunan Instrumen Penelitian. Pustaka Pelajar.

Wiyono, B. H., & Budhi, W. (2018). Pengaruh Metode Pembelajaran CTL terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VIII ditinjau dari kemampuan berkomunikasi. Natural: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 5(1), 1118.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v11i1.28882

Refbacks

  • There are currently no refbacks.