PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA DI SMAN 7 BEKASI
(1) 
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini akan menguji pengaruh keterlibatan orang tua terhadap minat belajar siswa SMAs Negeri 7 Bekasi. Penelitian yang dilakukan merujuk dan menggunakan pendekatan kuantitatif, terutama menggunakan metode survei. Penelitian ini melibatkan 54 siswa. Teknik sampling yang digunakan yaitu SRS atau simple random sampling. Angket digunakan sebagai instrumen pengumpulan data. Sebelum pengumpulan data dilakukan, instrumen di verifikasi terlebih dahulu untuk mengetahui validitas dan reliabilitasnya. Analisis data terdiri dari uji asumsi lalu dilanjutkan analisis regresi. Hasil perhitungan korelasi rxy = 0,887, termasuk dalam kategori sangat kuat dan menunjukkan hubungan yang sangat kuat antara perhatian orang tua dan minat belajar siswa. Tingkat kontribusi (r²) sebesar 0,787 atau 78% minat belajar siswa dipengaruhi oleh perhatian orang tua, sementara 22% sisanya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain di luar penelitian ini. Hasil analisis regresi linier menunjukkan nilai t hitung = 13,845 dengan sig. = 0,000 yang berada di bawah batas sig. 0,05, yang artinya perhatian orang tua secara signifikan memengaruhi minat belajar siswa. Model regresi linier sederhana yang terbentuk yaitu Y = 2,846 + 0,975X.
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Abdullah, A. (2019). Minat Belajar Siswa pada Bidang Studi PAI Korelasinya dengan Akhlakul Karimah pada Orang Tua. Matriks Jurnal Sosial dan Sains, 1(1), 1-6.
Afiati, E., & Nurmala, M. D. (2022). Hubungan Perhatian Orang Tua Terhadap Minat Belajar Siswa. Jurnal Fokus Konseling, 8(2), 39-44.
Arikunto S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Rineka. Cipta.
Buchori, A. (2002). Faktor yang Mempengaruhi Minat Masuk Dunia Kerja. Dinamika Cipta.
Dwija, I. W. (2008). Hubungan antara konsep diri, motivasi berprestasi dan perhatian orang tua dengan hasil belajar Sosiologi pada siswa kelas II Sekolah Menengah Atas unggulan di Kota Amlapura. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 41(1), 1-17.
Dwisavitri, Novi & Retnowati, Trie Hartiti. (2019). Pengaruh Minat Belajar, Dukungan Sosial Orang Tua dan Lingkungan Sekolah terhadap Hasil Belajar IPS Siswa MTs NU Salam Magelang. Thesis.
Fadhila, N. A. (2015). Hubungan Perhatian dan Tingkat Ekonomi Orang tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa MTsN Tanjunganom Nganjuk (Doctoral dissertation, IAIN Kediri).
Gie, S. H. (1999). Di Bawah Lentera Merah. Yayasan Bentang Budaya.
Hamalik, O. (2002). Pendidikan guru berdasarkan pendekatan kompetensi. Bumi Aksara.
Mahmud, D. (2010). Pengertian Minat.
Mailawati, M. (2017). Hubungan antar minat dan motivasi belajar dengan prestasi belajar bidang study Pai Di Sma Negeri 1 Sidomulyo Lampung Selatan (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).
Melani, M. (2023). Pengaruh Perhatian Orang Tua Terhadap Penyesuaian diri Mahasiswa Baru Prodi Bimbingan Dan Konseling Angkatan 2023 Di Universitas Jambi (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS JAMBI).
Nasution, T. (1985). Peranan orangtua dalam meningkatan prestasi belajar anak. BPK Gunung Mulia.
Nisa, A. (2017). Pengaruh perhatian orang tua dan minat belajar siswa terhadap prestasi belajar ilmu pengetahuan sosial. Faktor: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(1), 1-9.
Permadi, S. (2021). Pengaruh Perhatian Orang Tua Dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas VIII SMP Negeri 2 Polewali. PEDAMATH: Journal on Pedagogical Mathematics, 3(2), 23-31.
Prabowo, R. S. (2015). Hubungan Perhatian Orang Tua Dengan Minat Belajar Siswa Kelas III SD Se Gugus I Kecamatan Panjatan Kabupa-ten Kulon Progo Tahun 2015. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta.
Slam, Z. (2024). Pengaruh Perhatian Orang Tua terhadap Minat Belajar Siswa Kelas IV SDN Kalibaru 01 Pagi selama Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 (Bachelor's thesis, Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).
Slameto, S. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Rineka Cipta.
Sugiyono, (2008). Metode Penelitian Kunatitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta
Sukartini, S. P. (2005). Konseling Keterampilan Hidup.
Vhalery, R., Leksono, A. W., & Irvan, M. (2019). Pengaruh literasi keuangan, usia, dan bimbingan orang tua terhadap pengelolaan uang saku mahasiswa Unindra. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 12(1), 10-17.
Vhalery, R., Alfilail, S. N., Robbani, H., & Hia, L. N. (2021). Persepsi Mahasiswa tentang Pembelajaran Online Google Classroom pada Minat dan Motivasi Belajar. Intelektium, 2(1), 28-36.
Winkel, W. S. (2004). Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. PT. Gramedia Pustaka Utama.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v11i1.27835
Refbacks
- There are currently no refbacks.
RESEARCH AND DEVELOPMENT JOURNAL OF EDUCATION


















