PENGUASAAN KETERAMPILAN PROSES SAINS MAHASISWA MELALUI PEMBELAJARAN PROYEK MINI RISET

Fitri Wijarini(1*), Silfia Ilma(2)

(1) Borneo Tarakan University
(2) Universitas Borneo Tarakan
(*) Corresponding Author

Abstract


Biologi merupakan salah satu ilmu yang tidak hanya menekankan pada sebuah teori namun juga sebuah proses dan produk. Maka dari itu tidak cukup hanya diajarkan tentang teori -teori biologi tetapi juga keterampilan. Salah satu keterammpilan tersebut adalah Keterampilan Prose Sains atau disebut dengan KPS. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan bagaimana penguasaaan Keterampilan Proses Sains (KPS) mahasiswa melalui penerapan model pembelajaran berbasis proyek mini riset. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, dimana peneliti hanya ingin menggambarkan bagaimana penguasaaan KPS pada pembelajaran Proyek berbasis mini riset. Populasi dalam penelian ini sebanyak 60 mahasiswa, dan sample sebanyak 30 mahasiswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Lembar Observasi (Keterlaksanaan KPS) dan Lembar Kerja Mahasiswa. Lembar Observasi Keterlaksaan KPS digunakan untuk mengetahui keterlaksanaan KPS pada saat pembelajaran berlangsung. Instrumen ini diisi oleh observer. Sedangkan Instrumen Lembar Kerja Mahasiswa diisi oleh mahasiswa. Hasil penelitian mennjukkan bahwa terdapat satu aspekyang belum dikuasi oleh mahasiswa, yaitu aspek menghubungkan antar variabel.


Keywords


Keterampilan Proses Sains; Pembelajaran Proyek; Mini Riset

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Abas, A., Amin, M., Ibrohim, I., & Indriwati, S. E. (2024). Integration of project-based learning to improve scientific process skills and conceptual understanding in the learning process of invertebrate zoology. JPBI (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia), 10(2), 486496.

Agustina, P., Saputra, A., Anif, S., Rayana, A., & Probowati, A. (2021). Analisis keterampilan proses sains dan sikap ilmiah siswa kelas XI IPA SMA pada praktikum biologi. EduSains, 13(1), 17.

Amnie, E., Abdurrahman, A., & Ertikanto, C. (2014). Pengaruh Keterampilan Proses Sains Terhadap Penguasaan Konsep Siswa Pada Ranah Kognitif. Jurnal Pembelajaran Fisika, 2(7), 123137.

Aras, N. F., Lestari, M., Hidayat, A., Rahayu, S., & Agus, A. (2021). Pemahaman Konsep dan Keterampilan Proses Sains Melalui Inkuiri Terbimbing di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 943951.

Ardelia, N. (2021). Implementasi pembelajaran abad 21 pada mata pelajaran biologi di sma negeri kota tangerang selatan. Jurnal Inovasi Pembelajaran Biologi, 2(2).

Arina, H. A., Munawaroh, F., Rosidi, I., & Hidayati, Y. (2019). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Melalui Pendekatan Pembelajaran Berbasis Riset. Natural Science Education Research (NSER), 2(1), 1724.

Hariandi, J., Sitompul, S. S., & Habellia, R. C. (2023). Analisis Profil Keterampilan Proses Sains Peserta Didik pada Materi Suhu dan Pemuaian. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 12(5), 13231328.

Huliadi, H. (2021). Profil Keterampilan Proses Sains Mahasiswa Melalui Praktikum Kimia Organik I. Reflection Journal, 1(2), 7781.

Kinasih, R. A. (2019). Analisis Keterampilan Proses Sains dan Keterampilan Intrapersonal Siswa Kelas VIII pada Pembelajaran Group Investigation Berbantuan Jurnal Belajar.

Kurniawan, A., & Fadloli, F. (2016). Profil Penguasaan Keterampilan Proses Sains Mahasiswa Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Terbuka. Proceeding Biology Education Conference: Biology, Science, Enviromental, and Learning, 13(1), 410419.

Kurniawati, A. (2021). Science Process Skills and Its Implementation in the Process of Science Learning Evaluation in Schools. Journal of Science Education Research, 5(2), 1620. https://doi.org/10.21831/jser.v5i2.44269

Leksono, S. M. (2017). Pengaruh Pembelajaran Mini Riset Berbasis Kearifan Lokal terhadap Kesadaran Konservasi Keanekaragaman Hayati. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 1(2).

Mahmudah, I. R., Makiyah, Y. S., & Sulistyaningsih, D. (2019). Profil Keterampilan Proses Sains (KPS) Siswa SMA di Kota Bandung. Jurnal Diffraction, 1(1), 3943.

Mahmudi, I., Athoillah, M. Z., Wicaksono, E. B., & Kusuma, A. R. (2022). Taksonomi Hasil Belajar Menurut Benyamin S. Bloom. Jurnal Multidisiplin Madani, 2(9), 35073514.

Nafiati, D. A. (2021). Revisi taksonomi Bloom: Kognitif, afektif, dan psikomotorik. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 21(2), 151172.

Nurulwati, N., Herliana, F., Elisa, E., & Musdar, M. (2021). The effectiveness of project-based learning to increase science process skills in static fluids topic. AIP Conference Proceedings, 2320(1).

Priyayi, D. F., Upa, D. R., & Hastuti, S. P. (2022). Keterampilan Proses Sains (KPS) Siswa Melalui Asesmen Daring Menggunakan Analisis Model Rasch. BIOEDUSAINS: Jurnal Pendidikan Biologi Dan Sains, 5(2), 330341.

Sahil, J., Hasan, S., Haerullah, A., & Saibi, N. (2022). Penerapan Pembelajaran Abad 21 pada Mata Pelajaran Biologi di SMA Negeri Kota Ternate. BIOSFER: Jurnal Biologi Dan Pendidikan Biologi, 7(1), 1319.

Santiawati, S., Yasir, M., Hidayati, Y., & Hadi, W. P. (2022). Analisis Keterampilan Proses Sains Siswa Smp Negeri 2 Burneh. Natural Science Education Research (NSER), 4(3), 222230.

Wijarini, F. (2024). Keterampilan Penelitian Mahasiswa melalui Pembelajaran Berbasis Proyek Mini Research. Research and Development Journal of Education, 10(1), 118124.

Yunita, N., & Nurita, T. (2021). Analisis Keterampilan Proses Sains Siswa pada Pembelajaran Daring. Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains, 9(3), 378385. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v11i1.27755

Refbacks

  • There are currently no refbacks.