Penerapan Digital marketing Melalui Sosial media Untuk meningkatkan Penjualan Usaha Mikro di Masa Pandemi

Zaura Issabel Putri Yuliana(1*), Laits Ismi Azizah(2), Dhea Adelina(3)

(1) Padjadjaran University
(2) Universitas Padjajaran
(3) Universitas Padjajaran
(*) Corresponding Author

Abstract


Pandemi global Covid-19 sangat berdampak di berbagai bidang, terutama sektor ekonomi. Dampak ekonomi tidak hanya dirasakan secara nasional saja akan tetapi secara global pun mengalami hal yang serupa. Pandemi covid-19 juga menimbulkan dampak yang besar pada usaha mikro, salah satu usaha mikro yang ikut terdampak adalah pelaku usaha mikro keripik pisang yang berlokasi di Desa Cileles, Jatinangor, Sumedang. Berdasarkan assessment pelaku usaha mikro keripik pisang masih belum memahami penerapan digital marketing melalui social media yang berguna untuk membantu meningkatkan penjualan dimasa pandemi. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif dan eksplorasi deskriptif, pengolahan data dilakukan dengan metode wawancara dan studi dokumentasi langsung ke pelaku usaha mikro keripik pisang di Desa Cileles. Tahapan yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu: persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Kesimpulan pada penelitian adalah pelaku usaha mikro dapat memahami tentang pentingnya digital marketing melalui social media serta pelaku usaha mikro dapat meningkatkan penjualan pada produk dan promosinya di Instagram.


Keywords


Usaha Mikro; Digital Marketing; Pandemi Covid - 19; Media Sosial;

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


NAIMAH R J, WARDHANA M W, HARYANTO R and PEBRIANTO A 2020 Penerapan Digital marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM J. IMPACT Implement. Action 2 1

Wardhana A 2015 Strategi digital marketing dan Implikasinya pada Keunggulan Bersaing UKM di Indonesia Seminar Nasional Keuangan Dan Bisnis IV pp 32737

Rivani R, Muftiadi A and Nirmalasari H 2021 Implementasi Program Digital Marketing Pada Pelaku Umkm Di Masa Pandemi Covid-19 J. Pengabdi. Kpd. Masy. 4 3538

Sutisna N 2021 Hampir 90 persen Pelaku UMKM di Sumedang Tidak Berproduksi Kabar Priangan




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/sosioekons.v14i3.13243

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 zaura issabel

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Editorial Office:

Institute for Research and Community services (LPPM)
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Campus A Building 3, 2nd Floor
Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Phone: (021) 7818718 – 78835283 ext. 123
Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hour: 09.00 AM – 08.00 PM



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Web Analytics Made Easy - Statcounter
View My Stats