LPPM UNINDRA


UNINDRA


Open Journal Systems




Journal Help
User
Notifications
  • View
  • Subscribe
Journal Content

Browse
  • By Issue
  • By Author
  • By Title
  • Other Journals
Font Size

  • Home
  • About
  • Login
  • Register
  • Search
  • Current
  • Archives
Home > Vol 2 (2016) > Nurjanah

Pengembangan Desain Pembelajaran Matematika Kelas V Sekolah Dasar

Dwi Nurjanah(1*), Leonard Leonard(2)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Program Studi Pendidikan Matematika - Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan desain pembelajaranmetematika pada kelas V Sekolah Dasar. Desain pembelajaran yang dibuat diharapkan mampumemfasilitasi pembelajaran matematika untuk siswa kelas v sekolah dasar. Model pengembanganyang digunakan mengacu pada Model Pengembangan Instruksional (MPI) Atwi Suparman.Langkah-langkah yang digunakan adalah Analisis Kebutuhan, Perumusan TIU, AnalisisInstruksional, Identifikasi Perilaku atau Karakteristik Awal, Perumusan TIK, Alat Penilaian,Strategi Pembelajaran, mengembangkan bahan instruksional, dan melakukan evaluasi formatif.Setelah melalui langkah-langkah tersebut terbentuklah satu buah bahan ajar dalam bentuk buku.Buku tersebut terdiri dari 6 bab yang terdiri dari Operasi hitung bilangan bulat, KPK & FPB,Pecahan, Satuan Pengukuran, Bangun Datar, dan Bangun Ruang Sederhana. Didalamnya terdapatMateri, Contoh soal, Latihan, dan Rangkuman. Dengan adanya bahan ajar yang telah dibuat inidiharapkan agar dapat memudahkan siswa dalam proses pembelajaran matematika. Selain itumampu membantu pengajar dalam mencapai tujuan pembelajaran matematika.


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Hamzah, B. U. 2014. Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Hasbullah. 2014. Media Pembelajaran Matematika. Jakarta: Savitra Collage.

LF.Tilaar, Anetha. 2011. Efektivitas pembelajaran kontekstual dalam mengajarkan matematika. Jurnal Formatif, 1 (3): 187-188.

Suparman, M. Atwi. 2012. Desain Instruksional Modern. Jakarta: Erlangga.

Sutikno, M.Sobry. 2014. Metode & Model-model Pembelajaran. Lombok: Holistica.

Tojibah, M. 2015. Efektifitas penerapan strategi pembelajaran metakognitif dalam pembelajaran matematika. EduResearch (dalam Leonard), Vol. 1: 25-49. Jakarta: Unindra Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.