Pemanfaatan Wordwall dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di SD Negeri Sukamaju Baru 01
(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author
Abstract
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam memanfaatkan Wordwall dalam pelaksanaan kurikulum merdeka belajar di SD Negeri Sukamaju Baru 01. Kegiatan ini dilaksanakan secara tatapmuka yang diikuti oleh 20 guru dan tenaga pengajar. Metode pelaksanaan kegiatan pengabdian diawali dengan observasi dan wawancara, yang mencakup menganalisis kebutuhan guru dan kondisi pembelajaran di dalam kelas. Setelah itu , tahap pelatihan di fokuskan pada pengenalan Aplikasi Wordwall, dilakukan demonstrasi penggunaan Wordwall, tanya jawab, dan sesi praktik langsung. Hasil kegiatan pengabdian mayoritas peserta mampu menggabungkan wordwall ini ke dalam proses pembelajaran di kelas, dan temuan hasil kegiatan pengabdian menunjukkan bahwa keterampilan guru dalam menggunakan Wordwall telah meningkat.. Selain itu, terdapat juga respon yang positif dari para siswa, para siswa merasa lebih termotivasi juga dalam menerima pembelajaran di dalam kelas. Dengan demikian diharapkan dengan meningkatnya motivasi maka akan berpengaruh positif juga terhadap prestasi siswa.
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Amini, Q., Rizkyah, K., Nuralviah, S., & Urfany, N. (2020). Pengaruh Globalisasi Terhadap Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Dakwah, 2(3), 375–385. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pandawa
Gulo, S., & Harefa, A. O. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Powerpoint. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 291–299. https://doi.org/10.56248/educativo.v1i1.40
J. Priyanto Widodo, Lailatul Musyarofah, J. S. (2020). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Wordwall Sebagai Media Pembelajaran Interaktif pada Kelompok Kerja Guru (KKG) Kabupaten Parigi. Jurnal Abdidas, 1(3), 149–156.
Kaniawati, E., Mardani, M. E. M., Lestari, S. N., Nurmilah, U., & Setiawan, U. (2023). Evaluasi Media Pembelajaran. Journal of Student Research (JSR), 1(2), 18–32.
Mandarsari, P. (2024). SOSIALISASI PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN WORDWALL BAGI PARA GURU BAHASA INGGRIS. Communnity Development Journal Vol.5, 5(4), 8284–8287.
Marhaeni, N. H., Fitri, I. A., & Fariha, N. F. (2023). Pelatihan Pembuatan Game Edukasi WordWall Bagi Guru SMA Dharma Amiluhur Yogyakarta. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(4), 988–997. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v7i4.14772
Nisa, M. A., & Susanto, R. (2022). Pengaruh Penggunaan Game Edukasi Berbasis Wordwall Dalam Pembelajaran Matematika Terhadap Motivasi Belajar. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 7(1), 140. https://doi.org/10.29210/022035jpgi0005
Parawangsa, E., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Hakikat Pendidikan Kewarganegaraan di Sekolah Dasar (SD). Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 8050–8054.
Permana, S. P. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Wordwall terhadap Motivasi Belajar IPS Kelas IV. 6(5), 7831–7839.
RimahDani, D. E., Shaleh, S., & Nurlaeli, N. (2023). Variasi Metode Dan Media Pembelajaran Dalam Kegiatan Belajar Mengajar. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(1), 372. https://doi.org/10.35931/am.v7i1.1829
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jurnalpkm.v8i2.27916
Refbacks
- There are currently no refbacks.