Pengaruh Persepsi Atas Model Pembelajaran Dan Motivasi Terhadap Prestasi Belajar Sosiologi Siswa SMA Negeri Di Kabupaten Tangerang

Uswatun Hasanah(1*), Sumaryoto Sumaryoto(2), Sahat T. Simorangkir(3)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitian untuk mengetahui 1) Pengaruh persepsi atas model pembelajaran dan motivasi secara bersama-sama terhadap prestasi belajar sosisologi siswa SMA Negeri di Kabupaten Tangerang. 2) Pengaruh persepsi atas model pembelajaran terhadap prestasi belajar sosiologi siswa SMA Negeri di Kabupaten Tangerang. 3) Pengaruh motivasi terhadap prestasi belajar sosiologi siswa SMA Negeri di Kabupaten Tangerang. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah survei dengan menggunakan teknik analisis korelasional dan statistika regresi linier berganda. dengan sampel berjumlah 90 siswa. Hasil penelitian menunjukkan 1) Terdapat pengaruh yang signifikan persepsi atas model pembelajaran dan motivasi secara bersama-sama terhadap prestasi belajar Sosiologi siswa SMA Negeri di Kabupaten Tangerang. Hal ini dapat dibuktikan dengan nilai Sig. 0,000 < 0,05 dan Fhitung  = 19,248. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan persepsi atas model pembelajaran terhadap prestasi belajar Sosiologi siswa SMA Negeri di Kabupaten Tangerang. Hal ini dapat dibuktikan dengan nilai Sig. 0,003 < 0,05 dan thitung  = 3,009. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan motivasi terhadap prestasi belajar Sosiologi siswa SMA Negeri di Kabupaten Tangerang. Hal ini dapat dibuktikan dengan nilai Sig. 0,002 < 0,05 dan thitung = 3,129.


Full Text:

PDF

References


Adisusilo, S. (2013). Pembelajaran Nilai Karakter Kontruktivisme dan VCT Sebagai Inovasi Pendekatan Pembelajaran Afektif. Jakarta: Rajawali Pers

Ananda, R. (2018). Pembelajaran Terpadu Karakteristik, Landasan, Fungsi, Prinsip dan Model. Medan: LPPPI.

Arsani, N.W. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Course Review Horay Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa. Jurnal Singaraja. Volume 2, Number 3, pp. 183-191.

Aqib, Z. (2014). Model-Model, Media dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya.

Cleopatra, M. (2015). Pengaruh Gaya Hidup dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA 5.2

Dariyo, A. (2013). Dasar-Dasar Pedagogi Modern. Jakarta: PT Indeks

Darmadi (2017). Pengembangan Model dan Metode Pembelajaran Dinamika Belajar Siswa. Yogyakarta: Deepublish.

Desmita (2011). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT Remaja Dosdakarya.

Dharsana, K. (2017). Psikologo Pendidikan. Singaraja: UNDIKSHA.

Djamarah, S.B. (2012). Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Penerbit Usaha Nasional.

Huda, M. (2017). Kompetensi Kepribadian Guru dan Motivasi Belajar Siswa (Studi Korelasi Pada Mata Pelajaran PAI). Jurnal Penelitian,Vol. 11, No. 2.

Lestari, (2018). Model- Model Pembelajaran Inovatif. Jakarta: Grasindo.

Lomu, L., & Widodo, S. A. (2018). Pengaruh Motivasi Belajar dan Disiplin Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa.

Majid, A. (2013). Strategi Pembelajaran. Bandung : PT Remaja Dosdakarya.

Maryani, M., Lestari, N. D., & Aradea, R. (2022). Persepsi Siswa SMA Negeri 3 Palembang Terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Daring pada Mata Pelajaran Ekonomi Tahun Pelajaran 2021-2022. Journal of Education Research, 3(1), 13-21.

Megawanti, P. (2020). Persepsi Peserta Didik Terhadap PJJ pada Masa Pandemi Covid 19. Faktor: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(2), 75-82.

Muslihah, E. (2014). Metode dan Strategi Pembelajaran. Jakarta: HAJA MANDIRI.

Nadirah,Y.F. (2014). Psikologi Belajar dan Mengajar. Serang: Dinas Pendidikan Provinsi Banten

Nurdyansyah (2016). Inovasi model Pembelajaran sesuai kurikulum 2013. Sidoarjo : Nizamia Learning Center.

Octavia, S. A. (2020). Model-Model Pembelajaran. Sleman: Deepublish CV Budi Utama

Purwanto, N. (2014). Pengantar Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Prameswari, K. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Course Review Horay (CRH) Berbantuan Media Lingkungan Sekolah Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa Kelas V SD Gugus Kompyang Sujana Kecamatan Denpasar Utara. Jurnal PGSD UNDIKSHA. Volume 5, Nomor 2 (hlm. 1-11).

Roestiyah, N.K . (2008). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Rosmala, I.A. (2018). Model-Model Pembelajaran Matematika. Jakarta: Bumi Aksara.

Rosyid, M.Z. (2020). Prestasi Belajar (edisi2). Malang : CV Literasi Nusantara Abadi.

Saefuddin, A. (2014). Pembelajaran Eektif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sadulloh, U. (2011). Pedagogik (ilmu mendidik). Bandung: Alfabeta.

Sani, R.A. (2015). Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Sardiman (2014). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers

________ (2011). Interaksi dan Motivasi Belaja-Mengajar. Jakarta : Rajawali Pers.

Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta : ArRuzz Media

Sirait, E. D. (2016). Pengaruh minat belajar terhadap prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(1).

Slameto (2013). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Soyomukti, N. (2016). Teori-teori Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sulistyorini, M. F. (2012). Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Teras.

Sumanto (2014). Psikologi Umum. Yogyakarta: CAPS.

Sunendar, D. (2017). Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan bahasa. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka Edisi ke 5.

Suprijono, A. (2013). Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suyadi (2013). Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sarwono, S.W. (2012). Pengantar Psikologi Umum. Jakarta: PT Rajagrafindo.

Walgito, B. (2002). Psikologi Sosial. Yogyakarta: Andi Offset.

________ (2010). Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: CV Andi.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/herodotus.v8i2.20154

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 uswatun Hasanah, Sumaryoto, Sahat

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Fakultas Pascasarjana | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 04.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.