Pengaruh Media Game Interaktif Bingo untuk Meningkatkan Hasil Belajar Puisi Rakyat Peserta Didik Kelas VII SMPN 17 Kota Jambi

Winda Febriana(1*), Rustam Rustam(2), Priyanto Priyanto(3)

(1) 
(2) Universitas Jambi
(3) Universitas Jambi
(*) Corresponding Author

Abstract


Pengaruh Media Game Interaktif Bingo untuk Meningkatkan Hasil Belajar Menulis Puisi Oleh Peserta Didik Kelas VII SMPN 17 Kota Jambi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Penerapan Media Game Interaktif Bingo untuk meningkatkan hasil belajar menulis puisi pada peserta didik kelas VII SMPN 17 Kota Jambi. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan rancangan penelitian Non- equivalent Control group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII SMP N 17 Kota jambi. Sedangkan, sampel penelitian ini adalah 67 peserta didik, yaitu 33 peserta didik dari kelas VII G sebagai kelompok Kontrol dan 34 dari kelas VII H sebagai kelompok Eskperimen. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan, yaitu observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan rata-rata hasil posttest kelas eksperimen mencapai 90,71 dengan standar deviasi 4,589, sementara kelas kontrol hanya mencapai 77,58 dengan standar deviasi 5,380. Selain itu, hasil uji N-gain score menunjukkan kelas eksperimen memiliki skor rata-rata sebesar 75,0580 (75%), termasuk dalam kategori efektif, sedangkan kelas kontrol hanya mencapai skor 39,7257 (39,7%), tergolong tidak efektif. Hasil uji-t independen menunjukkan nilai signifikansi 0,001 (p < 0,05), yang berarti hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Dapat disimpulkan bahwa Media Game Interaktif Bingo lebih efektif dibandingkan metode konvensional dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi Puisi Rakyat.

Keywords: Media Interaktif Bingo, Puisi Rakyat


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Chaniago, S. M., Badusah, J., & Embi, M. A. (2011). Masalah Pengajaran Kemahiran Berbahasa di Sekolah di Indonesia (Teaching Problem In Language Skills At Indonesian School). In Jurnal Pendidikan Bahasa Melayu 109 Malay Language Education Journal (MyLEJ), 1(1), 109-122 https://spaj.ukm.my/jpbm/index.phpjpbm/article/view/267/0

Dewi, Y. (2023). Kreatif Menulis Puisi. Komunitas Gemulun Indonesia.

Eliza, D., & Karmila, D. (2021). Pengaruh Game Interaktif Berbasis Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Kemampuan Digital Literacy di Taman Kanak-kanak Pertiwi III Ladang Panjang Kabupaten Merangin. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 9737-9744.

Epida T. 2015. Studi Perbedaan Hasil Belajar Matematika Siswa yang Menggunakan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Permainana Bingo dan tipe Sepak Bola Verbal di Kelas VIII SMP Negeri 1 Muaro Jambi. Jambi: Universitas Jambi.

Fitragisyela, O. (2021). Pengaruh Minat Baca Terhadap Keterampilan Menulis Teks Cerpen Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 30 Padang. 12. https://osf.io/preprints/chgrk/

Himawan, R. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning dalam pembelajaran Teks Puisi Rakyat di SMP. Prosiding Samasta.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2020). Modul Pembelajaran SMP Terbuka Bahasa Indonesia (Modul 7 Puisi Rakyat). Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Mareta, A. (2017). Pengaruh Media Permainan Bingo Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV Sdn 3 Sidokumpul Gresik. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

McMahon, J. M. 2017. An Organizational Structure Game (And BINGO! Is Its Name-O). Management Teaching review 1-9. Journals@sagepub.com

Salamah. (2021). Penggunaan Metode Discovery Learning pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia dalam Materi Teks Puisi Rakyat. Batu: Literasi Nusantara.

Silaswati, D., & Purwanti, R. (2021). Penggunaan Teknik Note Taking Pairs Untuk Mengoptimalkan Kemampuan Menulis Teks Berita. METAMORFOSIS | Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia Dan Pengajarannya, 14(1), 615. https://doi.org/10.55222/metamorfosis.v14i1.540

Sugiyono. 2012. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2021. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Shafia, D., Nazar, M. and Ismayani, A., 2018. PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN BINGO PADA MATERI KONSEP REAKSI REDOKS UNTUK SISWA KELAS X SMA LABORATORIUM UNSYIAH. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kimia, 3(2).

Yanti, N., Gafar, A., & Rofii, A. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Gambar Terhadap Kemampuan Menulis Puisi Rakyat Siswa Kelas VII Smp Negeri 6 Kota Jambi Tahun Ajaran 2017/2018. Aksara: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(2), 67.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/diskursus.v7i2.25881

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Googlre ScholarDimensionsGaruda IndeksONESEARCHBASE

  Pascasarjana
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Kampus A Building 2, 3rd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm.

 

Creative Commons License
Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Flag Counter

Web Analytics Made Easy - Statcounter View My Stats