Pengaruh Lingkungan Sosial dan Penguasaan Kosakata terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia (Survei pada SMP Negeri di Kabupaten Nias)

Meti Putriwati Zai(1*), Sumaryoto Sumaryoto(2), Mamik Suendarti(3)

(1) 
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan sosial dan penguasaan kosakata terhadap prestasi belajar Bahasa Indonesia. Penelitian menggunakan metode survei, dengan populasi siswa SMP Negeri di Kabupaten Nias sejumlah 1.383 siswa dari tiga sekolah terpilih. Teknik purposive sampling digunakan untuk memilih sampel sebanyan 168 siswa. Data diperoleh dari kuesioner, soal penguasaan kosakata yang diadaptasi, dan nilai rapor Bahasa Indonesia yang dianalisis dengan SPSS 22.0. Hasil penelitian membuktikan bahwa ada pengaruh lingkungan sosial dan penguasaan kosakata terhadap prestasi belajar Bahasa Indonesia.

Kata Kunci: Prestasi belajar Bahasa Indonesia, lingkungan sosial, penguasaan kosakata.


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Asmara, Anjas. (2019). Pengaruh Penguasaan Bahasa Daerah dan Bahasa Asing terhadap Penguasaan Kosakata Bahasa Indonesia. Diskursus: Jurnal pendidikan Bahasa Indonesia, 2(2), 117-126.

Bandura, A. (1986). Social Foundations Of Thought And Action: A Social Cognitive Theory. Prentice-Hall, Inc.

Budiawan. (2008). Pengaruh Sikap Bahasa dan Motivasi Belajar Bahasa terhadap Prestasi pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris Siswa SMA se-Bandar Lampung. Tesis, Universitas Indonesia.

Chaer, Abdul. (2011). Tata Bahasa Praktis Bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta

Dariyo, Agoes. (2013). Dasar-dasar Paedagogie Moderen. Jakarta: Indeks

Dalyono. (2005). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta

Djiwandono, P. I. (2011). Applying consciousness-raising method to a writing class. In 2 nd International Conference on Foreign Language Learning and Teaching (p. 17).

Indrawati, Desi. (2021). Peran Bahasa sebagai Pemersatu Bangsa. Diambil kembali dari Binus University: https://binus.ac.id

Keraf, G. (2009). Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Maghfiroh, Nazilatul. (2022). Bahasa Indonesia Sebagai Alat Komunikasi Masyarakat Dalam Kehidupan Sehari-hari. Komunikologi: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 102-107.

Munadi, Y. (2008). Media Pembelajaran Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta: Gaung Persada Press.

Nua, Faustinus. (2021). Bahasa Daerah Cerminan Kekayaan Bangsa Berbineka. Diambil kembali dari Media Indonesia: https://mediaindonesia.com

Nurgiyantoro, B. (2014). Penilaian Pembelajaran Bahasa. Yogyakarta: BPFE

Pabottingi, M. (2022). Berbahasa Tanpa Karakter. Diambil kembali dari Kompas.Id: https://www.kompas.id

Parton, Pius A. dan Al Barry, M Dahlan. (2001). Kamus Ilmiah Populer. Surabaya: Arkola.

Sudjana, Nana. (2010). Cara Belajar Siswa Aktif dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sumaryanti, Lilis. (2017). Peran Lingkungan Terhadap Perkembangan Bahasa Anak. Jurnal MUADDIB, Vol 7 (1)

Susilawati dan Suhardi. (2016). Metodologi Penelitian: kuantitatif, kualitatif, dan campuran untuk Manajemen, pembangunan, dan Pendidikan. Bandung: PT. Refika Aditama

Sutarya. (2018). Pengaruh Penguasaan Kosakata dan Motivasi Belajar terhadap Kemampuan Menulis Karangan Narasi Bahasa Indonesia. Diskursus: Jurnal pendidikan Bahasa Indonesia, 1(1), 1-10.

Tarsito, Adde, E., & Andeni, D. (2022). Pola Komunikasi Masyarakat Lembak dan Jawa Desa Durian Mas Rejang Lebong. Jurnal Mediakita: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam, 7(1), 36-50.

Uyun, Muhamad, dan Idi Warsah. (2021). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish

Warsadi. (2019). Prestasi Belajar Bahasa Indonesia: Pengaruh Minat Belajar dan Motivasi Belajar. Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 2(3), 267-265




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/diskursus.v7i2.22782

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Googlre ScholarDimensionsGaruda IndeksONESEARCHBASE

  Pascasarjana
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Kampus A Building 2, 3rd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm.

 

Creative Commons License
Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Flag Counter

Web Analytics Made Easy - Statcounter View My Stats