Falsafah Pendidikan Jalaluddin Rumi: Studi Hermeneutika Filosofis terhadap Matsnawi dan Fihi Ma Fihi

Putera Astaman(1*), Dede Rosyada(2), Attabik Lutfi(3)

(1) Universitas Islam Jakarta
(2) Program Doktor Pendidikan Islam, Universitas Islam Jakarta
(3) Program Doktor Pendidikan Islam, Universitas Islam Jakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Pemikir dan cendikiawan muslim menganalisis bahwa akar dari semua realitas krisis multi dimensi di tubuh umat Islam dewasa ini adalah persoalan pendidikan. Sebagian besarnya menyoroti persoalan pendidikan dalam Islam, dan hal fundamental dalam pendidikan adalah pada konteks filosofis yang akan menjadi barometer bagi praksis pendidikan Islam dalam menjawab tantangan era postmodern dan ilmu pengetahuan kontemporer saat ini. Sementara adopsi filsafat pendidikan barat dapat berimplikasi pada terciptanya benturan teologi, kultur dan peradaban, disebabkan diferensiasi sistemik dalam multi aspek pandangan hidup (worldview) yang signifikan. Penelitian kualitatif ini menggunakan pendekatan narrative research, dan hermeneutika filosofis dari filosof Jerman Hans Georg Gadamer. Penelitian ini bertujuan merumuskan konsepsi falsafah pendidikan tokoh besar Jalaluddin Rumi dari kedua magnum opus beliau, Matsnawi dan Fihi ma fihi. Guna memperoleh konsepsi-konsepsi dasar bagi praktikalitas dan operasionalisasi pendidikan Islam dalam kerangka Islamic worldview (Islamische Weltanschauung). konsepsi diatas bertumpu pada gagasan pendidikan yang menanamkan kesadaran beragama dan kesadaran akan multi keragaman dalam kehidupan, yang betujuan membentuk individu muslim yang baik bagi berbagai elemen kehidupan sebagaimana ajaran cinta kasih Rumi yang universal.


Keywords


Falsafah Pendidikan; Jalaluddin Rumi; Studi Hermeneutika

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Nilai-Nilai Pendidikan Multikultural Menurut Jalaluddin Rumi, J. Islam. Pedagog., vol. 2, no. 2, 2022, doi: 10.31943/pedagogia.v2i2.82.

D. Novanshah, Internalisasi Nilai Tasamuh Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, J. Educ. FKIP UNMA, vol. 8, no. 3, 2022, doi: 10.31949/educatio.v8i3.2814.

A. Alamsyah and S. Syarifuddin, Modernisasi dalam Perspektif Samuel P. Huntington, SINTHOP Media Kaji. Pendidikan, Agama, Sos. dan Budaya, vol. 1, no. 2, 2022, doi: 10.22373/sinthop.v1i2.2399.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/sap.v9i3.23680

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Putera Astaman

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

SAP (Susunan Artikel Pendidikan) indexed by:




Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.


View My Statis


Flag Counter


Contact

Campus A

TB. Simatupang, Jl. Nangka Raya No.58C Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa - Jakarta Selatan 12530 Telp : (021) 7818718, (021) 78835283

Campus B

Jl. Raya Tengah N0.80 Kel. Gedong, Kec. Ps. Rebo - Jakarta Timur 13760 Telp : (021) 87781300, (021) 87797409