Pengaruh Pengalaman Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan dengan Customer Delight sebagai Mediasi pada Produk Sepatu Converse di DKI Jakarta
(1) Universitas Muhammadiyah Jakarta
(2) Universitas Muhammadiyah Jakarta
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini berjudul “Pengaruh Pengalaman Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Customer Delight sebagai Mediasi pada Produk Sepatu Converse Di DKI Jakarta”. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh Pengalaman Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan yang dimediasikan melalui Customer Delight pada pengguna Sepatu Converse di Dki Jakarta. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kuantitatif dengan metode asosiatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebar kuesioner ke seluruh responden yang pernah menggunakan dan membeli Sepatu Converse sebanyak 196 responden. Teknik pengambilan sampel adalah menggunakan rumus lemeshow. Olah data dalam penelitian ini menggunakan SmartPls 4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Variabel Pengalaman Pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan, Customer Delight berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan, Pengalaman Pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Customer Delight, dan Pengalaman Pelanggan dan Loyalitas Pelanggan yang dimediasi oleh Customer Delight berpengaruh positif dan signifikan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Prasastono, Ndaru, and Sri Yulianto Fajar Pradapa. “Kualitas Produk dan Kualitas Peìlayanan Terhadap Kepuasan Konsumen.” Dinamika Kepariwisataan 11, no. 2 (2012): 13–23.
Doni Marlius, and Kesy Noveliza. “Pengaruh Harga, Kualitas Produk dan Promosi Terhadap Keputusan Pembeìlian Produk Sepatu Converse Pada Toìko Babee.Shopp Padang.” EìKOìMA: Jurnal Eìkonomi, Manajemen, Akuntansi 2, noì. 1 (2022): 255–68. https://doi.orgìii.org.org .org./10.56799/eìkoma.v2i1.1251.
Daffa, Zeffan, Fitra Haidar, and Aditya Wardhana. “Pengaruh Citra Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan Sepatu Mereìk Converse di Kota Cirebon The Influence of Brand Image on Consumer Loyalty of Converse Brand Shoes In Cirebon City.” Eì-Proceeding of Managemment 10, no. 4 (2023): 24
Kharisma, Adhita Dea, and Anas Hidayat. “Pengaruh Customer Delight dan Kepuasan Konsumen Terhadap Loyalitas Konssumen Bukit Sekipan Tawangmangu.” Jurnal Universitas Islam Indonesia, No. 1 (2019): 1–22.
Ardila, Yuli. “Hubungan Kualitas Layanan Services Sepeda Motor dengan Loyallitas Peìlanggan di Bengkel Resmi Honda Ahass.” Skripsi, No. Juli (2015): 10–28. http://repository.uma.ac.id/handle/123456789/428.
Agustiono, Agustiono, Sari Listyorini, and Hari Susanta Nugraha. “Pengaruh Customer Experience Terhadap Customer Loyalitas Peìlanggan Meìlalui Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabeìl Intervening (Studi Pada Masyarakat Semarang Pengguna LinkAja).” Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis 11, no. 2 (2022): 244–56. https://doìi.oìrg/10.14710/jiab.2022.34564.
Airho, S A I, A Ghafur, and Lailatul Azizah. “Pengaruh Customer Deìlight, Customer Loyalti, dan Customer Satisfaction Terhadap Keputusan Pembeìlian Pada Produk Perhiasan ….” Jurnal Masharif Al … 9, No. 204 (2024): 613–29. https://journal.um-surabaya.ac.id/Mas/article/view/22131.
Susiana, Susiana, Sjamsiar Husen, Khusnul Khotimah, Entis Sutisna, and Yendra Yendra. “Membangun Kepuasan Pelanggan untuk Mengatasi Gap antara Petomer Experience terhadap Loìyalitas Peìlanggan Pada Ud. Anwarudin dan Apms Anwarudin.” Theì Journal of Business and Management Research 4, No. 1 (2021). https://doi.org/10.55098/tjbmr.v4i1.40.
Andriani, Santika. “Pengaruh Electronic World of Mouth (E-Wom) terhadap Keputusan Pembelian” Journal Eìkonomi dan Manajemen, 2022, 1–23.
Aldo, Dwi Wicaksono, and Susanta Hari. “Pengaruh Citra Mereìk dan Pengalaman Konsumen Terhadap Loyalitas Konsumen Sepatu Sneaker Merek Converse ( Studi Kasus Pada Pengguna Sepatu Sneaker Mereìk Converse di Kota Semarang ) Aldo Dwi Wicaksono, Hari Susanta Pendahuluan.” Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis 6, noì. 2 (2017): 3.
Barnes, Donald C., and Alexandra Krallman. “Customer Deìlight: A Review and Agenda for Research.” Journal of Marketing Theory and Practice 27, noì 2 (2019): 174–95. https://doi.org/10.1080/10696679.2019.1577686.
Liu, Maggie Wenjing, and Hean Tat Keh. “Consumer Delight and Outget Scale Development and Validation.” Joìurnal of Serviceì Theory and Practice 25, no. 6 (2015): 680–99. https://doi.org/1rg0.1108/JSTP-08-2014-0178.
Sudarsi, Oleh S R I. “207-Article Text-407-1-10-20120208” 7, No. 1 (2008): 44–51.
Wu, Jia-Jhou, Sue-Ting Chang, Yung-Ping Lin, and Toìm M Y Lin. “Examining How Cooìlness oìf Serviceì Roìbots Influences Customers’ Delight: Mediating Roìle of Perceìived Values.” Journal of Hosspitality and Tourism Insights 7, No. 5 (January 1, 2024): 2624–42. https://doìi.org/10.1108/JHTI-02-2023-0069.
Rahayu, Sri, and Sri Tita Faulina. “Pengaruh Digital Customer Expeìrience dalam Menciptakan Customer Satisfactioìn dan Customer Loyalty di Era Digital.” Jesya (Jurnal Eìkonomi & Eìkonomi Syariah) 5, no. 1 (2022): 1–13. https://doìi.org/10.36778/jesya.v5i1.568.
Wangania, J S, S L H V J Lapian, and R T Saerang. “The Impact of Customer Experience and Customer Deìlight on Customer Loyalty of Tokopedia Platform At Iba Students Dampak Customer
Experience dan Customer Delight terhadap Loyalitas Pelanggan Platform Toìkopedia di Mahasiswa Iba.” Jurnal EìMBA 10, noì. 4 (2022): 1061–69.
Irwan, and Khaeryna Adam. “Metode Partial Least Square (Pls) dan Terapannya.” Teknosains 9, no. 1 (2020): 53–68.
Anindita, Putri. “Pengaruh Customer Delight: Justice, Esteem dan Finishing Touch Terhadap Active dan Passive Loyalty (Studi pada mitra Kerja UPT-PK Singosari-Malang).” Jurnal Aplikasi Manajeìmeìn (JAM) 13, No. 2 (2015): 237–46.
Pandini, Intan. “Perilaku Hidup Sehat dalam Meningkatkan Minat Beìlajar Siswa pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak.” SKULA: Jurnal Peìndidikan Profesi Guru Madrasah 02 No.02, No. 20 (2022): 323–30.
Dyahtritami, Vigi Reinaning, and Fitriani Nur Utami. “Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Peìlayanan Terhadap Kepuasan Konsumen pada PT. Ogos Indonesia Gemilang di Peìkalongan.” Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Keuangan 5, No. 8 (2023): 3407–14. https://journal.ikopin.ac.id/index.php/fairvalue.
Wardhana, Reza Eka. “Pengaruh Customer Experience Terhadap Loyalitas Peìlanggan Dengan Kepuasan Peìlanggan Seìbagai Variabeìl Intervening (Studi pada Konsumen Mie Rampoìk Tahanan Surabaya).” Jurnal Ilmu Manajeìmeìn (JIM) 4, No. 3 (2016): 1–9.
Hidayat, R W, D Aqmala, A L Haziroìh, and ... “Upaya Peningkatan Keputusan Pembelian Sepatu Melalui Gaya Hidup, Kualitas Produk, dan Harga: Bahasa Indonesia.” Innovativeì Journal of … 4 (2024): 17024–38. http://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/11844%0Ahttps://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/download/11844/8510.
Insani, Nataya Khuria, and Edi Dwi Riyanto. “Pengaruh Faktor Ekonomi pada Poìla Konsumsi: Perilaku Pemakaian Brand Sepatu Imitasi Converse di Kota Surabaya.” Metahumaniora 14, No. 2 (2024): 92–100. https://jurnal.unpad.ac.id/metahumaniora/article/view/54061.
Influence, The, Brand Image, Purchase Decision, Converse All, and Star Shoes. “NUSA CEìNDANA The Influence of Brand Image and Price on the Purchase Decision of Converse All Star Shoes in Students oìf the Faculty of Economics And,” 2019, 155–69.
Rahmi. “Bab I Pendahuluanبا حض خ ِ ي.” Galang Tanjung, No. 2504 (2021): 1–9.
Sumarwati, Made, Wastu Adi Mulyono, Desiyani Nani, Keksi Girindra Swasti, and Haidar Amr Abdilah. “Pendidikan Keseìhatan Tentang Gaya Hidup Seìhat Pada Remaja Tahap Akhir.” Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Peìngabdian kepada Masyarakat 5, No. 1 (2022): 36–48. https://doìi.oìrg/10.31294/jabdimas.v5i1.11354.
Oktaviani, Silvi, and Reka Ardian Purnama. “Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepercayaan Nasabah Terhadap Loyalitas Nasabah (Studi Pada PT. Sinar Mas Multifinance Cabang Sukabumi).” Jurnal Mahasiswa Manajemen 2, No. 1 (2021): 47–66.
Prabawanti, Kd Jessika, Syamsul Bachri, Ponirin Ponirin, and Asriadi Asriadi. “Pengaruh E-Service Quality Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Peìlanggan Seìbagai Variabeìl Intervening di E- Commerce Shopee (Studi Kasus pada Gen-Z Koìta Palu)” 7 (2024).
Wardaya, Eka Praseìtya. “Pengaruh Customer Experience Terhadap Customer Loyalty Meìlalui Customer Satisfaction dan Customer Trust Pada Pelanggan Bengkel Auto 2000 di Surabaya.” Petra Business & Management Review. 2017.
Pratama, Refindra, and Andhy Tri Adriyanto. “Pengaruh Customer Experience dan Customer Value Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening Studi Pada Peìlanggan Di Bengkel Ravi Motor Juwana-Pati.” Jurnal Bisnis Dan Manajemen 10, No. 2 (2023): 241–50. http://jurnal.unmer.ac.id/indeìx.php/jbm.
Goeìltom, Vasco A H, Josephine Ameìlia Saputri, and Devi Christine. “Pengaruh Customer Satisfaction, Customer Delight, dan Trust Terhadap Loyalitas Peìlanggan Restoran Otentik Tangerang.” JUBIMA: Jurnal Bintang Manajemen 1, No. 1 (2023): 89–118.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/sosioekons.v17i1.27880
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Syaila Ayu Chairani; Liza Nora

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Editorial Office:
Institute for Research and Community services (LPPM)
Universitas Indraprasta PGRI
Address: Campus A Building 3, 2nd Floor
Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Phone: (021) 7818718 – 78835283 ext. 123
Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hour: 09.00 AM – 08.00 PM

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.