Pelatihan Peningkatan Kualitas Layanan untuk Kepuasan Pelanggan Gama UI Cabang Pondok Labu

Adik Ahmad Unggul Nugeroho(1*), Surya Perdana(2), Zeny Fatimah Hunusalela(3)

(1) Program Studi Teknik Industri, Uniersitas Indraprasta PGRI
(2) Program Studi Teknik Industri, Uniersitas Indraprasta PGRI
(3) Program Studi Teknik Industri, Uniersitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Kesetiaan konsumen adalah dampak nyata dari konsumen yang merasa terpuaskan dari yang diperoleh perusahaan. Hal ini pengusaha yang bergerak di bidang jasa diminta untuk memenuhi kualitas pelayanan dengan baik, perusahaan untuk membangun citra yang positif untuk konsumennya, dalam hal ini nama baik perusahaan menjadi salah satu landasan untuk pelanggan dalam menentuan tahap berikutnya dan Pelayanan yang diberikan dapat memenuhi atau bahkan melebihi dari harapan pelanggan sehingga kepuasan pelanggan dapat terpenuhi. Definisi kepuasan pelanggan ialah kondisi dimana keinginan, kebutuhan, dan harapan pelanggan dapat tercapai melalui produk ataupun jasa yang didapatkan oleh pelanggan. Permasalahan yang dihadapi Karyawan dan pengajar yaitu Belum adanya pemahaman dari karyawan Bimbingan Belajar GAMA UI Pondok Labu mengenai Peningkatan Kualitas Layanan Untuk Kepuasan Pelanggan. Perlu adanya pelatihan untuk menambah wawasan dan kemampuan karyawan dalam melaksanakan pelayanan pada konsumen dengan mempertimbangkan faktor dimensi kualitas. Sehingga tujuan dilakukan kegiatan PkM ini untuk memberikan suatu pemahaman kepada karyawan dan Bimbingan Belajar GAMA UI Pondok Labu mengenai Peningkatan Kualitas pelayanan.


Keywords


Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan, Bimbel

Full Text:

PDF

References


Andri Rizko Yulianto, Herudini Subariyanti, A. K. W. (2020). Analisis Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951952., 22.

Jeanasis, N. (2012). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan melalui Kepuasan Pasien terhadap Loyalitas (Studi Pada Rumah Sakit BMC Padang). Skripsi, 79.

Pratiwi, H. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Rumah Makan Takana Juo di Makassar.

Priadi, A., & Utomo, S. B. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan Dalam Menggunakan Jasa Sampurna Laundry. JURNAL SeMaRaK, 4(3), 30. https://doi.org/10.32493/smk.v4i3.13411

Zurni Zahara Samosir. (2005). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Mahasiswa Menggunakan Perpustakaan USU. Jurnal Studi Perpustakaan Dan Informasi, Vol 1(No 1), 2836.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jurnalpkm.v6i1.14934

Refbacks

  • There are currently no refbacks.