Pengaruh Kurikulum Merdeka terhadap Dimensi Keterampilan Komunikasi (Studi pada SMA X Di Semarang)
(1) Universitas Muhammadiyah Semarang
(2) Universitas Muhammadiyah Semarang
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh implementasi Kurikulum Merdeka sebagai program kebijakan pendidikan yang memberikan kebebasan kepada sekolah dan guru dalam mengembangkan kurikulum sesuai kebutuhan siswa dan konteks lokal. Penelitian ini dilakukan pada Oktober 2024 dengan tujuan penelitian adalah untuk menganalisis pengaruh implementasi Kurikulum Merdeka terhadap keterampilan komunikasi siswa di SMA X Semarang. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel proportional stratified random sampling, melibatkan 61 responden dari kelas 12 jurusan IPA dan IPS. Pengumpulan data menggunakan kuesioner yang dikembangkan dari 6 indikator dan 3 dimensi keterampilan komunikasi, dengan 11 butir soal valid dari total 24 soal yang diujikan. Analisis data menggunakan uji normalitas Kolmogorov-Smirnov. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh signifikan implementasi Kurikulum Merdeka terhadap keterampilan komunikasi siswa, dibuktikan dengan nilai Dmax (0,98361) > Dtable (0,174). Dimensi komunikasi timbal balik menunjukkan 98% responden setuju/sangat setuju, dimensi penggunaan teknologi 98% setuju/sangat setuju, dan dimensi dampak komunikasi sosial 85% setuju/sangat setuju. Namun, masih diperlukan pengembangan berkelanjutan terutama dalam aspek komunikasi sosial untuk mencapai tujuan pembelajaran yang menyeluruh.
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
R. H. Hizbullah dan M. S. Asyhari, Relevansi Kurikulum Merdeka dalam Kegiatan Belajar Mengajar di MA Darul Falah Sumbergempol terhadap Perspektif Ta`Lim Muta`Alim, vol. 06, no. 03, 2024.
A. N. Oktaviani dan S. E. Nugroho, Penerapan Model Creative Problem Solving pada Pembelajaran Kalor untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Keterampilan Komunikasi, 2015.
P. M. Efendi, Tatang Muhtar, dan Y. T. Herlambang, Relevansi Kurikulum Merdeka dengan Konsepsi Ki Hadjar Dewantara: Studi Kritis dalam Perspektif Filosofis-Pedagogis, JEE, vol. 6, no. 2, pp. 548561, Jun. 2023, doi: 10.31949/jee.v6i2.5487.
R. Tuerah, Kurikulum Merdeka dalam Perspektif Kajian Teori: Analisis Kebijakan untuk Peningkatan Kualitas Pembelajaran di Sekolah, vol. 19, pp. 979988, Oktober 2023, doi: https://doi.org/10.5281/zenodo.10047903.
H. Irawan, I. S. Masyitoh, R. Rahmat, C. Darmawan, L. Anggraeni, dan S. A. Pradanna, Inovasi Pendidikan Karakter dalam Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka, SAP, vol. 9, no. 1, p. 84, Aug. 2024, doi: 10.30998/sap.v9i1.23303.
A. Rahman and B. Robandi, Foundations of Kurikulum Merdeka development in elementary education (from a philosophical perspective), inov. kurikulum, vol. 21, no. 1, pp. 385402, Feb. 2024, doi: 10.17509/jik.v21i1.65859.
A. S. Rizal, Relevansi Growth Mindset dengan Kurikulum Merdeka Belajar di EravSocietyg5.0, Jurnal Pendidikan Islam, vol. 21, 2023.
E. Winaryati, R. Amnah, Zanaton, Budiono, and G. Aditama, STEAM Community Berbasis 4Cs. Karya Bakti Makmur Indonesia.
R. A. A. Rauf, R. Sathasivam, and S. S. A. Rahim, STEM Education In Schools: Teahers Readiness to Change, no. 3.
S. Wahyuni, Dini Rakhmawati, dan Sri Mulyaningsih, Gambaran Minat Belajar pada Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 14 Semarang, JCOSE, vol. 6, no. 2, pp. 2127, Apr. 2024, doi: 10.24905/jcose.v6i2.161.
S. Soedjono, I. M. Sudana, K. B. Utomo, dan I. F. Royana, Kesiapan Satuan Pendidikan di Kota Semarang dalam Implementasi Kurikulum Merdeka, JSP, vol. 6, no. 1, pp. 4352, Jan. 2023, doi: 10.29407/jsp.v6i1.198.
J. Putri dan D. Nuvitalia, Implementasi Pembelajaran Berbasis Kurikulum Merdeka dalam mendukung Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Dasar, ainj, vol. 5, no. 2, pp. 202209, Jun. 2024, doi: 10.54371/ainj.v5i2.460.
C. R. Niani dan N. Lewaherilla, Analisis Kemampuan Pengolahan Data Berbasis Ms. Excel pada Mahasiswa Semester Akhir Universitas Teuku Umar, BAREKENG: J. Il. Mat. & Ter., vol. 15, no. 2, pp. 203214, Jun. 2021, doi: 10.30598/barekengvol15iss2pp203-214.
I. Curup, Peran Teknologi Digital dalam Mewujudkan Merdeka Belajar: Tantangan dan Peluang Bagi Pendidikan Masa Depan.
M. Mardiana dan E. Emmiyati, Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Pembelajaran: Evaluasi dan Pembaruan, JRPD, vol. 10, no. 2, pp. 121127, May 2024, doi: 10.26740/jrpd.v10n2.p121-127.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/sap.v9i3.27693
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Asiva Khoirunisa, Eny Winaryati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
SAP (Susunan Artikel Pendidikan) indexed by:





Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
View My Statis
Contact Campus A TB. Simatupang, Jl. Nangka Raya No.58C Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa - Jakarta Selatan 12530 Telp : (021) 7818718, (021) 78835283 Campus B Jl. Raya Tengah N0.80 Kel. Gedong, Kec. Ps. Rebo - Jakarta Timur 13760 Telp : (021) 87781300, (021) 87797409