Optimalisasi Kinerja Guru melalui Peran Kepemimpinan Visioner, Komunikasi Interpersonal dan Motivasi Kerja
(1) Sekolah Pascasarjana Universitas Pakuan
(2) Sekolah Pascasarjana Universitas Pakuan
(3) Sekolah Pascasarjana Universitas Pakuan
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh kepemimpinan visioner, komunikasi interpersonal dan motivasi kerja terhadap kinerja guru. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan Path Analysis (analisis jalur) untuk mengetahui pengaruh antara variabel dan analisis SITOREM untuk menganalisis indikator variabel. Pengolahan data menggunakan SPSS versi 28. Hasil penelitian menunjukkan: 1) terdapat pengaruh langsung positif kepemimpinan visioner terhadap kinerja guru dengan nilai koefisien jalur (?y1 = 0,202); 2) terdapat pengaruh langsung positif tidak signifikan komunikasi interpersonal terhadap kinerja guru dengan nilai koefisien jalur (?y2 = 0,049); 3) terdapat pengaruh langsung positif motivasi kerja terhadap kinerja guru dengan nilai koefisien jalur (?y3 = 0,225); 4) terdapat pengaruh langsung positif kepemimpinan visioner terhadap motivasi kerja dengan nilai koefisien jalur (?31 = 0,254); 5) terdapat pengaruh langsung positif komunikasi interpersonal terhadap motivasi kerja dengan nilai koefisien jalur (?32 = 0,494); 6) terdapat pengaruh tidak langsung positif kepemimpinan visioner terhadap kinerja guru melalui motivasi kerja dengan koefisien jalur (?31?y3 = 0,057) pengaruh total sebesar 0,259; 7) terdapat pengaruh tidak langsung positif komunikasi interpersonal terhadap kinerja guru melalui motivasi kerja dengan koefisien jalur (?32?y3 = 0,111) pengaruh total sebesar 0,049. Pada hasil analisis SITOREM menunjukkan terdapat 21 indikator yang perlu dipertahankan atau dikembangkan dan terdapat 5 indikator yang perlu di perbaiki. Sehingga implikasi dari penelitian ini adalah kinerja guru dapat meningkat dengan memperkuat kepemimpinan visioner, komunikasi interpersonal, dan motivasi guru.
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Munakib, M. Riyad, T. Abdullah, and E. Suhardi, Measuring the effectiveness of school operational assistance: The context, input, process, and product (CIPP) model, International Journal of Innovation, Creativity and Change, vol. 12, no. 3, pp. 412429, 2020.
B. Ngwenya and T. Pelser, Impact of psychological capital on employee engagement, job satisfaction and employee performance in the manufacturing sector in Zimbabwe, SA Journal of Industrial Psychology, vol. 46, pp. 112, 2020, doi: 10.4102/sajip.v46i0.1781.
S. Widagdo, M. A. Maulyda, and E. R Kholifah, Penilaian Kinerja, Budaya Kerja dan Kepemimpinan: Optimalisasi Peningkatan Kinerja Guru. Jember: Mandala Press, 2020.
H. Hafidulloh, S. N. Iradawaty, and M. Mochklas, Manajemen Guru: Meningkatkan Disiplin dan Kinerja Guru. Sleman, Yogyakarta: Bintang Pustaka Madani, 2021.
S. Joen, P. Purnamawati, and A. Amiruddin, Kinerja Guru: Pendekatan Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja Guru. Palu, Sulawesi Tengah : Magama, 2022.
I. Romawanti, F. L. Alviana, A. Zahro, and A. E. Anggraini, Peran penilaian kinerja guru: Upaya meningkatkan kompetensi pedagogig guru MI Perwanida, CENDEKIA, vol. 17, no. 1, pp. 8594, 2023, doi: 10.30957/cendekia.v17i1.805.
S. Sukamsinah, S. Supriyoko, and R. Rejokirono, Pengaruh kompetensi pedagogik guru, supervisi akademik kepala sekolah, dan disiplin kerja terhadap kinerja guru, Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri , vol. 9, no. 1, pp. 90108, 2023.
M. Masrum, Kinerja Guru Profesional. Purbalingga: CV. Eureka Media Aksara, 2021.
M. Muspawi, Strategi peningkatan kinerja guru, Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi (JUIBJ), vol. 21, no. 1, p. 101, Feb. 2021, doi: 10.33087/jiubj.v21i1.1265.
M. Munawir, A. Yasmin, and A. J. Wadud, Memahami penilaian kinerja guru, Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, vol. 8, no. 1b, pp. 627634, Apr. 2023, doi: 10.29303/jipp.v8i1b.1237.
R. R. Lubis, F. Amelia, E. Alvionita, I. E. Nasution, and Y. H. Lubis, Peran guru penggerak dalam meningkatkan pemerataan kualitas kinerja guru, Jurnal at-Tadbir: Media HUkum dan Pendidikan , vol. 33, no. 1, pp. 7082, 2023.
S. Setyaningsih, Penguatan Sumber Daya Manajemen Pendidikan Melalui Analisis Jalur (Path Analysis) & Metode SITOREM. Bandung: Alfabeta, 2020. [Online]. Available: www.cvalfabeta.com
U. Hakim, S. Setyaningsih, E. Suhardi, B. Tunas, and M. Riyad, Improving teacher performance through Strengthening organizational climate, serving leadership and compensation (empirical study using Correlational approach and sitorem analysis on Public elementary school teachers in Bekasi city), Psychol Educ, vol. 57, no. 9, pp. 458545971, 2020, [Online]. Available: www.psychologyandeducation.net
A. Sunaryo, S. Hardhienata, E. Suhardi, E. Norman, and F. Salistia, Improving teacher performance through strengthening transformational leadership, pedagogical competence and organizational commitment (empirical study using correlational approach and sitorem analysis in paud teachers in Bogor city, West Java Province), PalArchs (Journal Of Archaeology Of Egypt/ Egyptology), vol. 17, no. 6, pp. 77957803, 2020.
H. Hermawan, H. Hariri, R. Riswandi, and R. Rini, Kepemimpinan visioner dalam peningkatan mutu sekolah, PARAMUROBI: JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM, vol. 7, no. 1, pp. 178186, 2024, doi: 10.32699/paramurobi.v7i1.7114.
R. Syadiyyah, E. Prihatin, A. Abubakar, and D. Nurdin, Analisis Implementasi Gaya Kepemimpinan Visioner dan Gaya Kepemimpinan Transformasional di SMP Annihayah Karawang, JAMP : Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan, vol. 7, no. 2, p. 232, 2024, doi: 10.17977/um027v7i22024p232.
S. L. Gaol, R. Sihombing, and E. J. Manullang, Peran Kepemimpinan Visioner Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Mutu Pengelolaan Sekolah Di SMA Swasta Dharma Bhakti Siborongborong Tahun 2023, Tri Tunggal: Jurnal Pendidikan Kristen dan Katolik, vol. 2, no. 2, pp. 272279, 2024, doi: 10.61132/tritunggal.v2i2.300.
S. Rahayu, Komunikasi Interpersonal kepemimpinan kepala sekolah dan budaya kerja organisasi terhadap motivasi kerja dan dampaknya pada kepuasan kerja guru sekolah menengah pertama, Manajemen Pendidikan, vol. 12, no. 1, pp. 7384, 2017, doi: 10.23917/jmp.v12i1.2977.
N. Fahma, A. A. S. Kusuma, H. J. P, B. Soemardjoko, and S. Narimo, Strategi perubahan inovatif dalam kepemimpinan visioner kepala sekolah Muhammadiyah, Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, vol. 9, no. 3, pp. 13451350, 2024, doi: 10.51169/ideguru.v9i3.975.
M. T. Sutjianus, Y. Palumian, and W. L. Sahetapy, Kepemimpinan visioner dalam membentuk loyalitas dan kepuasan kerja karyawan di Kota Makassar, Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis (JIMBis), vol. 2, no. 1, pp. 315326, 2024, doi: 10.24034/jimbis.v2i1.5969.
W. Cahyoseputro, L. T. Juliawati, and E. Rokhaminawanti, Pengaruh komunikasi interpersonal pimpinan, motivasi kerja dan lingkungan kerja, terhadap kepuasan kerja karyawan di hotel Intercontinental Midplaza Jakarta, Sebatik, vol. 25, no. 2, pp. 537544, 2021, doi: 10.46984/sebatik.v25i2.1468.
F. Presilawati and M. Martunisu, Pengaruh komunikasi interpersonal, motivasi kerja dan lingkungan kerja terhadap kepuasan kerja pegawai kantor Bupati Aceh Selatan, Jurnal Ilmiah Manajemen Muhammadiyah Aceh, vol. 14, no. 1, pp. 1733, 2024, doi: 10.37598/jimma.v14i1.2043.
M. A. Dwiayuni, Keterampilan komunikasi interpersonal kepala sekolah dalam perspektif manajemen perubahan, Ilmu Pendidikan (Jurnal Kajian Teori dan Praktik Kependidikan), vol. 4, no. 2, pp. 5566, 2019, doi: 10.17977/um027v4i22019p055.
S. Umami, B. Lian, and M. Missriani, Pengaruh kepemimpinan dan motivasi kerja guru terhadap disiplin kerja, JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan), vol. 6, no. 1, pp. 5256, 2020, doi: 10.31851/jmksp.v6i1.3961.
K. Ranganatha, J. N. Yunus, and S. Divya, Amalan kepemimpinan autentik guru besar dan pengaruhnya terhadap motivasi kerja dan komitmen guru-guru sekolah rendah di Negeri Pulau Pinang, Muallim Journal of Social Science and Humanities, vol. 7, no. `, pp. 133144, Jan. 2023, doi: 10.33306/mjssh/230.
R. Noviyanti, Peningkatkan Keinovatifan Guru melalui Penguatan Motivasi Berprestasi, Kerjasama Kelompok, dan Iklim Organisasi. Malang: Media Nusa Creative, 2022.
M. D. Abadi and A. Taufiqurrahman, Fleksibilitas kerja, insentif,dan motivasi kerja terhap kinerja driver Grabkibe Lamongan, Media Komunikasi Ilmu Ekonomi, vol. 40, no. 1, pp. 3040, 2023, doi: 10.58906/melati.v40i1.97.
M. Mulyanto and L. C. Nawangsari, Pengaruh motivasi kerja, kepuasan kerja, dan kompensasi terhadap disiplin kerja karyawan kontrak di Politeknik Negeri Jakarta Depok Jawa Barat, Ekonomi & Bisnis, vol. 19, no. 1, pp. 110, 2020, doi: 10.32722/eb.v19i1.3007.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/sap.v9i3.26664
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Titin Kustini, Eka Suhardi, Ikhsan Ikhsan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
SAP (Susunan Artikel Pendidikan) indexed by:





Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
View My Statis
Contact Campus A TB. Simatupang, Jl. Nangka Raya No.58C Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa - Jakarta Selatan 12530 Telp : (021) 7818718, (021) 78835283 Campus B Jl. Raya Tengah N0.80 Kel. Gedong, Kec. Ps. Rebo - Jakarta Timur 13760 Telp : (021) 87781300, (021) 87797409